PENGARUH BIAYA MUTU TERHADAP TINGKAT PENJUALAN
Icih, SE, M.Si

Abstrak

Dalam rangka meningkatkan keunggulan di era persaingan bebas, perusahaan harus mengevaluasi strategi bisnisnya kembali untuk meningkatkan daya saing produk yang dihasilkannya. Salah-satu faktor yang dapat menjadi daya saing suatu perusahaan adalah faktor mutu. Sehingga apabila perusahaan mampu menghasilkan produk yang mutunya bagus diharapkan dapat meningkatkan volume atau tingkat penjualan serta meningkatkan labanya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Biaya Mutu Terhadap Tingkat Penjualan pada PT. PG Rajawali II Unit PG Subang.

Ada dua variabel dalam penelitian ini, yaitu (1) Biaya Mutu, dengan indikator adalah biaya pencegahan, biaya penilaian, dan biaya kegagalan, (2) Tingkat Penjualan, dengan indikator adalah penjualan dari produk gula pasir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis dengan pendekatan kuantitatif. Data yang diolah adalah selama 2 tahun (24 bulan) yaitu tahun 2004 dan tahun 2005, dengan skala data adalah skala rasio.

Dengan menggunakan analisis regresi sederhana diperoleh hasil bahwa regresi antara Biaya Mutu Terhadap Tingkat Penjualan adalah sebesar 0,87. Sedangkan hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa Pengaruh Biaya Mutu Terhadap Tingkat Penjualan adalah sebesar 17,09%.

Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh bahwa t hitung = 2,1302 sedangkan t table = 2,0739 () dan dari hasil tersebut maka diputuskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya : Terdapat Pengaruh yang Signifkan atas Biaya Mutu Terhadap Tingkat Penjualan.

Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan agar PT. PG Rajawali II Unit PG Subang membuat laporan biaya mutu. Hal ini untuk memudahkan jika pimpinan atau auditor ingin mengetahui dan memerlukan data tersebut dan juga harus lebih meningkatkan mutu dari produk gula tersebut.

Kata Kunci : Biaya Mutu dan Tingkat Penjualan.
 



  Masukan Nama Dosen Ke Input Pencarian.









  Nama Dosen ''-'' Tidak Ditemukan. Kembali Ke Index Print URL



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT STIE Sutaatmadja | Login